DASBOR SUBMENU PENGGUNA

Posted on November 21, 2008

0


Pada bagian ini, kita akan melakukan setting untuk data pribadi anda yang nantinya akan muncul setiap anda melakukan blogroll atau meninggalkan jejak di blog orang lain.
Mengapa submenu pengguna ini perlu anda lengkapi? Karena ini merupakan identitas untuk blog anda, dan secara umum wordpress akan meyimpan data-data pribadi anda tersebut sebagai pengguna dari wordpress ini.
penggunawp
Hanya ada tiga pilihan submenu yang bisa anda pilih, yaitu submenu Penulis & Pengguna, Profile Anda dan Undangan. Pada bagian Penulis&Pengguna ini, adalah informasi tentang peran yang dimiliki oleh anda, apakah dalam blog ini anda berperan sebagai administrator, sebagai kontributor, dan yang unik anda bisa juga mengajak orang lain untuk berkontribusi dalam blog anda.

Misalnya begini, bila anda membuat blog tentang internet dan semua hal yang menyangkut didalamnya, maka anda bisa mengajak orang lain yang mungkin kenalan anda untuk juga berkontribusi dalam blog tersebut dengan mengirimkan postingnya sehingga nanti akan tampil dalam blog anda ini.

Jadi mungkin lebih tegasnya lagi, mang sebut sebagai Blog rame-rame. Artinya blog yang dikelola secara bersamaan oleh beberapa orang.

Kayaknya seru juga yah punya blog seperti itu, jadi isi blog itu berasal dari berbagai orang yang mang ajak untuk berperan sebagai kontributor. Ah…nanti mo coba ah…..

PROFIL ANDA
penggunaprofileandaYang terpenting dari blog anda ini, adalah tampilan untuk profil anda, sehingga setiap kita meninggalkan jejak di blog orang lain, maka ada tanda khusus yang merupakan ciri dari blog kita.

Ada 4 opsi pada submenu Profil anda ini, yaitu opsi Personal, Nama, Info Kontak dan Tentang Diri Anda.

Opsi personal terdiri dari ;

  • Penyuntingan visual : centang pada pilihan tersedia
  • Skema warna Admin : pilih salah Satu
  • Browser connection : boleh dicentang boleh tidak
  • Interface language : pilih bahasa untuk blog anda
  • Blog utama : pilih blog utama anda ( bila anda mempunyai beberapa blog di wordpress ini)

Pada bagian Nama, berisi beberapa kolom yang bisa anda lengkapi, seperti

  • Nama pengguna : nama ini tidak dapat dirubah, hal ini terkait ketentuan dari wordpress, pada saat kita pertama kali membuat blog di wordpress.
  • Nama depan ; silahkan isi nama depan anda
  • Nama belakang ; diisi dengan nama keluarga/belakang anda
  • Nama panggilan ; nama yang menjadi icon anda
  • Tampilan nama secara umum : pilih tampilan nama yang akan muncul dan terlihat oleh orang lain. Bila pada pilihan ini belum tersedia, pastikan anda mengisi nama panggilan terlebih dahulu, setelah itu anda pilih simpan perubahan, dan kembali untuk mengisi kotak ini, maka nanti akan muncul pilihan nama yang telah anda buat sebelumnya.

Info kontak, berisi berbagai info penting yang menyangkut kontak person anda, seperti alamat email anda, url blog anda, ID AIM, ID YM dan ID Jabber atau GTalk.

Semua ini bisa anda isikan, bila memang anda mempunyai account di masing-masign tersebut. Tetapi bila tidak, cukup anda kosongkan saja.

Terakhir adalah Tentang Diri Anda.

Silahkan anda tuliskan secara siapa yang menerangkan siapa anda sebenarnya, bisa apa saja tergantung anda dan tergantung menurut anda seperti apa.

Pada kotak Kata Kunci, sebaiknya bila tidak ingin melakukan perubahan kata kunci tidak perlu diisikan.

Mang sangat menyarankan agar anda tidak melakukan pengisian untuk kotak kata kunci ini, karena kalo sampai salah atau juga mungkin anda secara iseng mengganti kata kunci anda, yang pada akhirnya anda lupa kata kunci tersebut, maka ini akan menyulitkan anda untuk login ke admin anda. Malah bisa-bisa blog anda akan dibanned oleh wordpress karena kesering ganti password dan salah dalam proses loginnya.

Terakhir yang ingin mang sampaikan pada bagian ini adalah kotak besar disebelah kanan atas yang bertuliskan Gambar Saya.

Nah, kalo untuk yang satu ini, boleh deh anda lakukan gonta-ganti gambar sesuai keinginan anda, tinggal anda pilih icon choose dan klik upload gambar, nanti setelah gambar atau foto anda terupload di wordpress, maka nanti anda diminta untuk melakukan crop atau pemotongan gambar agar pas dengan ukuran kotak tersedia.

Masalah yang satu ini, mudah, silahkan anda lakukan experimen sendiri, coba-coba, biar tambah wawasan anda.

Semoga apa yang telah mang sampaikan ini bisa bermanfaat buat anda, bukan bermaksud sombong atau sok tau, tapi ini semua mang lakukan untuk sekedar berbagi pengalaman dan pengetahuan yang mang tahu.

Kalo mungkin ada rekan-rekan yang punya pengalaman baru atau yang tidak sama dengan mang, itu semua bukan kesalahan, tapi hanya cara pandang dan penerapan wawasan yang mungkin berbeda.

Selamat mencoba, sukses terus untuk anda, dan seperti biasa jangan pernah berhenti untuk ngeblog, tetap semangat!

Download File Pdf

Iklan
Posted in: Tak Berkategori