PENATAAN MENULIS

Posted on November 20, 2008

0


Sambungan dari posting sebelum ini yang masih membahas soal pengenalan Dasbor di wordpress kita. Kali ini kita bahas soal penataan menulis yang merupakan bagian dari setting blog kita.
Masih dalam menu Penataan tapi pada submenu menulis, dengan tampilan halamannya akan seperti ini

penataannuliswp
Hanya ada 4 kotak yang tersedia, yang bisa anda lakukan perubahan.

  • Ukuran kotak tulisan : masukan angka untuk lebar kolom dalam anda melakukan posting nantinya.
  • Pemformatan : pilih konversikan emoticon
  • Kategori tulisan Standar : Masukan kategori standar untuk hasil posting anda.
  • Kategori Taut Standar : masukan kategori taut standar untuk blogroll anda.

Bila anda tidak ingin melakukan perubahan pada submenu ini, maka tidak perlu anda tuliskan sesuatu dikotak tersebut, tapi biarkan saja, karena pada dasarnya wordpress telah membuatnya secara standar dari wordpress sendiri.

PENATAAN MEMBACA

Ini juga merupakan kelanjutan dari menu penataan pada submenu membaca. Halamannya akan seperti ini ;

penataanbacawp
Secara umum penataan Membaca ini adalah merupakan halaman utama blog kita. Disini kita bisa melakukan penataan untuk halaman standar yang akan kita tampilkan, juga dapat membuat pengaturan untuk berapa banyak hasil posting yang ingin kita tampilkan pada halaman utama blog kita.

Anda bisa melakukan penataan sendiri sesuai keinginan anda, semua ini tinggal anda lakukan pilihan yang tersedia, dan sebelum menutup halaman untuk tidak lupa pilih simpan perubahan, sehingga data terbaru untuk perubahan yang telah anda lakukan akan disimpan oleh wordpress.

  • Tampilan halaman depan : pilih salah satu dari dua pilihan yang tersedia, yaitu berdasarkan hasil tulisan anda yang terakhir, atau halaman statis.
  • Halaman blog menampilkan paling banyak : masukan angka yang ingin anda masukan, untuk menentukan seberapa banyak hasil posting yang dapat terlihat oleh pengunjung blog anda.
  • Tulisan terkini yang ditampilkan pada umpan sindikasi : merupakan hasil tulisan yang akan di baca bila pengunjung mengambil data RSS Feed dari blog anda.
  • Tampilan untuk artikel : lakukan pilihan dari yang tersedia disana.

Setelah itu dibawahnya masih ada beberapa lagi kolom yang perlu juga untuk anda ketahui dan bila perlu dilakukan perubahan, termasuk didalamnya adalah avatar yang akan dipergunakan oleh anda.

PENATAAN DISKUSI

Ini juga masih merupakan bagian dari penataan, dimana pada bagian ini adalah menyangkut tentang berbagai hal yang terkait denga artikel anda, komentar yang masuk dan beberapa proses lainnya.

penatandiskusiwp
Pada kotak sebelum sebuah komentar muncul, anda diberi dua pilihan, untuk semua komentar bisa anda moderasi sebelumnya, maka yang harus anda lakukan adalah dengan mencentang pada kota yang pertama saja.

Hal ini dilakukan bila memang menurut anda, ingin agar setiap yang memberikan komentar sebelum di tampilkan pada blog anda, harus melalui tahap moderasi dari anda terlebih dahulu.

Terkait soal komentar, mungkin anda bisa membaca tulisan mang yang membahas soal komentar, disini.

PENATAAN PRIVASI

Nah, untuk yang satu ini anda kembali akan menemukan halaman baru seperti ;

penataanprivasiwp
Pada penataan privasi ini, ada tiga pilihan yang bisa anda pilih yang pada intinya adalah membuat agar blog anda ini bisa terlihat oleh google dan beberapa mesin pencari lainnya.

Jadi untuk yang satu ini, anda dapat memilih hanya pada pilihan yang pertama saja, sedangkan lainnya dibiarkan kosong.

Maksud dari penataan privasi ini, adalah selain agar blog anda bisa dicari dengan mudah oleh google dan mesin pencari lainnya, juga bila dirasakan perlu, anda dapat membuat blog anda ini menjadi sangat pribadi, alias blog anda ini hanya akan dilihat oleh rekan, teman yang anda pilih saja. Jadi nantinya blog anda akan sangat bersifat pribadi sekali.

PENATAAN HAPUSBLOG

Mang berharap agar anda tidak melakukan pilihan ini, kecuali bila anda sudah bosen untuk ngeblog dan anda ingin mengakhiri hidup blog anda, maka bisa pilih menu ini.

Sekali anda menghapus blog, maka seluruh data tidak dapat dikembalikan lagi, dan bila suatu saat anda akan membuat blog kembali, maka data anda akan otomatis ditolak oleh wordpress.

Jadi, kalo memang blog anda tidak ingin hilang, maka jangan lakukan pilihan ini.

Selanjutnya, untuk submenu Media, OpenId dan Domain, tidak akan mang bahas disini, karena mang piker, masalah ini tidak terlalu penting untuk blog anda, kecuali kalo memang anda ingin sedikit melakukan perubahan yang menyangkut penembpatan file, membuat folder atau juga membuat nama domain sendiri.

Untuk tahap awal ini, mang rasa dari apa yang telah mang sampaikan, sudah lebih dari cukup. Yang penting sekarang blog anda sudah disetting sesuai keinginan anda.

Bersambung ke Menu Pengguna.

Tulisan terkait : Pasang widget Flickr, Pasang Banner Blog

Iklan
Posted in: Tak Berkategori