MENGENAL DASBOR WORDPRESS

Posted on November 19, 2008

0


Sebetulnya mang agak ragu juga untuk membuat posting kali ini, karena takut dianggap mang sebagai ahli atau jagonya wp. Karena untuk mempelajari wp sudah banyak tersedia sarana untuk belajarnya di internet ini, seperti dari mbak Maya, mas A Fatih bahkan dari panduan tidak resmi wordpress.
Tapi biarlah….ini mungkin sharing aja dari apa yang telah mang alami selama ini. Karena ternyata setiap hari selalu saja ada orang baru yang mulai ngeblog, dan selalu ada yang bertanya tentang hal-hal yang terkait dalam wordpress ini.

Sekalian biar bisa dilirik ama wordpress, kalo mang ini juga peduli dengan wordpress….he…he…so nampang gito……

Siap, sekarang yang akan mang bahas adalah soal Dasbor di wordpress kita. Mungkin masih banyak yang belum tahu tentang pengertian sebuah dasbor pada wordpress kita.

Dasbor kalo mang boleh ibaratkan adalah sebuah dapurnya blog kita. Dari sinilah kita mengolah seluruh tampilan pada blog kita yang hasilnya akan terlihat di halaman utama blog kita.

Dasbor juga merupakan tempat untuk melakukan keperluan setting dan memulai aktifitas untuk blogwalking dan semua hal yang bisa kita lakukan untuk blog kita.

Jadi singkatnya dasbor ini adalah dapur utama kita yang letaknya tersembunyi dari para pengunjung blog. Hanya kita sebagai pemilik blognya yang bisa masuk ke daerah ini.

Tamu-tamu lain tidak akan pernah bisa masuk ke dapur kita ini, kecuali kita beritahu jalannya yaitu berupa username dan password untuk masuk ke area dasbor ini.

Sehingga dasbor ini dilindungi oleh nama pengguna dan diperkuat oleh password yang hanya kita mengetahui password tersebut. Namanya juga password, jadi pasti hanya kita yang mengetahuinya, orang lain tidak akan bisa masuk ke daerah terlarang pribadi kita ini.

Lalu bagaimana orang lain akan melihat blog kita?

Yah tentu saja dengan mereka searching di google atau memasukan kata kuncinya untuk menemukan alamat blog kita. Dan setelah mereka menemukan tempat yang dicari, maka tampilan yang pertama kali mereka lihat adalah halaman depan atau halaman utama blog kita, bukan dasbornya.

Nah, mang harap apa yang telah mang sampaikan ini bisa dipahami semuanya, terutama bagi pengguna wordpress yang masih baru atau siapa saja yang akan mulai ngeblog.

Sekarang, mari kita mengenal isi dari dasbor wordpress ini.

Setelah memahami pengertian dasbor tadi, maka selanjutnya kita memasuki isi dari dasbor di blog kita ini. O..ya, sebelumnya mang mohon maaf, karena apa yang mang sampaikan ini adalah berdasarkan platform di wordpress saja, jadi kalo untuk blogspot atau yang lainnya, tidak dibahas disini.

Tampilan pada dasbor kita nantinya akan seperti ini ;

halaman-adminwp1
Ada satu hal yang ingin mang sampaikan disini, adalah bahwa isi dari dasbor kita ini semuanya tergantung dari pilihan themes yang kita pergunakan. Tetapi secara umum semuanya hampir sama, hanya ada beberapa menu yang mungkin tidak sama seperti pada gambar diatas, karena mungkin themes yang anda pergunakan berbeda dengan themes yang mang pakai saat ini.

Adapun menu utama pada dasbor di wordpress ini adalah sebagai berikut ;
Tulis, Kelola, Desain, Komentar, Upgrade. Lalu bila anda perhatikan di sebelah kanan yang masih sejajar dengan rangkain menu tadi, anda akan menemukan menu Penataan dan Pengguna dengan huruf yang sedikit lebih kecil.

Nah, untuk tahap awal, rangkaian menu inilah yang sebenarnya harus anda pahami dulu. Adapun penambahan yang lainnya, seperti kata mang tadi itu disesuaikan dengan pilihan themes yang anda pergunakan.

Dibawah tulisan Dasbor ada kotak warna merah yang dipojok kirinya terdapat tulisan Saat ini. Ini merupakan rekap seluruh aktifitas blog anda.

Didalamnya terdapat hasil posting yang telah di publish di blog anda, jumlah halaman yang anda pergunakan, tulisan anda yang masih dalam bentuk draft, jumlah kategori dan tags yang anda miliki dan terakhir total yang telah memberikan komentar kepada anda dan telah anda setujui komentar tersebut.

Informasi ini merupakan info yang sangat anda butuhkan untuk mengetahui aktifitas halaman blog anda. Dari sini anda juga bisa melihat bila ada komentar yang masuk, atau ada yang mengambil RSS feed milik anda, sehingga anda bisa memberikan umpan balik kepada mereka.

Nah, bila anda masih baru dalam hal ngeblog, maka pertama kali yang harus anda lakukan adalah melakukan penataan untuk blog anda tersebut. Maka yang harus anda pilih adalah menu penataan yang berada di sebelah kanan atas dengan huruf yang agak sedikit lebih kecil.

Silahkan anda pilih penataan, nanti akan menemukan halaman baru seperti ini ;

penataanwp
Anda perhatikan, bila tulisan penataan ini anda pilih, maka akan terdapat beberapa menu yang bisa anda pilih juga. Menu untuk penataan ini adalah Umum, Menulis, Membaca, Diskusi, Privasi, Hapus Blog, OpenId dan terakhir Domain.

Lakukanlah penataan secara umum terlebih dahulu, dimana disini ada beberapa kolom yang memberikan informasi tentang kegunaan dari masing-masing kolom tersebut.

  • Judul Blog : Tuliskan judul untuk blog anda
  • Slogan/Tagline : Tuliskan slogan yang ingin anda tampilkan pada header blog anda.
  • Bahasa : Pilih bahasa blog yang dipergunakan
  • Alamat email : masukan email aktif anda
  • Zona Waktu : pilih zona waktu UTC+7 untuk wilayah Indonesia
  • Format tanggal : pilih format untuk penanggalan
  • Format waktu : pilih format untuk tampilan waktu
  • Simpan Perubahan : Bila semua dirasakan sudah cukup, maka pilih dan klik kotak ini untuk mengupdate data terbaru blog anda.

Sampai disini anda telah melakukan beberapa perubahan untuk data blog anda secara umum. Data ini akan tersimpan di file wordpress anda, bila anda ingin melakukan perubahan, maka tinggal kembali melakukan penataan ulang dan menyimpan perubahan tersebut.

Bersambung ke penataan menulis.

Iklan
Posted in: Tak Berkategori