ANTARA FRIENDSTER DAN WARNET

Posted on November 18, 2008

1


Sudah dua hari ini website social friendster sulit dibuka, beberapa client juga mengeluh karena tidak bisa melakukan login di friendster. Yang muncul pada halaman browser kita adalah Temporary Maintenance, di bawahnya ada beberapa pesan dari friendster sendiri yang berisikan ketidaknyamanan untuk saat ini sehingga tidak dapat login. Usut punya usut, ternyata setelah membaca pengumuman yang disampaikan oleh pihak friendster sendiri, mereka saat ini sedang melakukan perbaikan jaringan, dan juga system di friendster pusatnya.

Sehingga seluruh jaringan friendster tidak dapat diakses seperti biasanya.

friensdertemporary1

Hal ini tentu saja membuat kecewa para pengguna friendster dimanapun berada. Karena sampai siang ini, selagi mang bikin posting ini, halaman utama friendster masih sulit untuk diakses.

Padahal udah mang coba pake opera, pake mozilla, bahkan paka avant juga masih tetap tidak bisa diakses.

Kalo sudah begini mo diapakan lagi, karena semua ini berawal dari pusatnya friendster sendiri. Mereka sedang melakukan updating data, dan juga perbaikan system kerja.

Dari data yang diperoleh friendster bahwa untuk saat ini pengguna friendster ada kurang lebih 17 miliar orang dari 75 negara yang tergabung dalam social network ini.

Dan setiap bulannya ada kurang lebih 18 miliar orang yang membuka halaman friendster.

Tidak hanya itu, friendster juga mengklaim bahwa pengguna terbesarnya berasal dari kawasan Asia dan menjadi website nomer satu di Negara Philippines dan Indonesia serta menjadi website kedua terbesar di Singapore dan Malaysia berdasarkan peringkat dari Alexa.

Selain itu friendster juga mengklaim bahwa dalam satu hari ada sekitar 80ribu orang yang mendaftar sebagai pengguna baru friendster.

Melihat data-data seperti ini, adalah wajar bila friendster saat ini selalu dibicarakan orang menjadi topic utama dalam menjaring komunitas social di internet.

Apalagi di Indonesia ini, yang merupakan pengguna terbanyak bersama Philippines, telah menjadikan friendster sebagai sarana dalam menjalin pertemanan dan persahabatan di dunia maya.

Mengapa friendster lebih unggul dibanding social network lain yang banyak berada di internet ini?

Menurut pendapat mang sendiri, friendster di gemari oleh kalangan anak muda, karena memang tampilan atau proses registrasinya tidak sulit dan friendster lebih mengedepankan para pengguna usia muda.

Mereka para pemula dalam internet, biasanya selalu diajarkan untuk mengenal friendster terlebih dahulu, sebelum dilanjutkan kepada hal-hal yang lain.

Disamping itu, seluruh asesories untuk melengkapi tampilan pada profile di friendster ini, selalu bergaya anak muda, penuh warna, dengan design yang menarik, ciri khas gaya anak muda.

Pokoknya tampilan di friendster lebih fungky…lebih bergaya anak muda jaman sekarang…cool …keren…abis……….

Karena itulah mengapa friendster digemari anak muda, karena salah satunya selalu mengedepankan unsur kreatifitas yang menjadi ciri generasi muda.

Memang friendster juga ada banyak kekurangannya, tapi itu tidak masalah selama para pengguna yang notabene adalah anak muda, masih bisa memahaminya dan tidak merasa terganggu dengan kekurangan yang terjadi.

Lalu apa hubungannya antara friendster dan warnet?

Hampir pengguna warnet atau client di warnet ini adalah mereka pada anak muda, atau pelajar yang kesemuanya pasti selalu membuka friendster. Mereka melakukannya untuk tambah teman, mencari teman atau untuk sekedar ganti layout karena tertarik informasi dari teman-teman yang lain.

Karena saat ini friendster sedang sulit untuk dibuka, maka ini juga membawa sedikit banyaknya pengaruh terhadap pengunjung warnet itu sendiri.

Banyak diantara mereka yang pulang lagi karena tidak bisa mengakses friendster. Sehingga akhirnya tidak jadi berlama-lama di warnet.

Jelas, hal ini juga mempengaruhi terhadap pendapatan dari warnet. Walaupun tidak berkurang drastis, tapi sejak friendster sulit diakses pengunjung warnet jadi agak sepi.

Mungkin seharusnya mang mengusulkan kepada pemilik friendster untuk juga memperhatikan warnet-warnet yang ada di Indonesia ini. Karena melalui warnet inilah semakin banyak orang yang membuka baru friendster.

Ah…ini mah maunya mang aja……tapi jelas kok kalo ga ada warnet, mereka tidak sebebas membuka friendster di rumah atau melalui HP. Kan kalo di warnet, bisa bersama-sama dengan teman mereka yang juga punya friendster, jadi kalo ada kesulitan bisa saling bantu atau bertanya.

Tapi, itulah kenyataannya, bahwa Indonesia yang termasuk pengguna friendster terbanyak, juga menggunakan warnet sebagai tempat untuk melakukan aktivitas social network di dunia maya.

Berharap, agar masa updating friendster ini tidak terlalu lama, sehingga bisa kembali diakses seperti biasa, yang pada akhirnya pengunjung warnet juga jadi kembali ramai lagi.

Biar dibilang peduli dengan friendster….Ayo Friendster kamu bisa!

Iklan
Posted in: Tak Berkategori