LAKUKAN POSTING OTOMATIS

Posted on November 11, 2008

5


Karena kemarin sudah melaksanakan kegiatan posting bersama menyambut hari Pahlawan, dan secara pribadi mang juga mengucapkan terima kasih kepada yang sudah berpartisipasi dalam acara tersebut.
Ada satu hal yang menarik dari posting bersama ini. Yah…ini semua karena berkat informasi dari kang deny, beliau melakukan posting ini secara otomatis dan telah membuat postingan tersebut satu minggu sebelum tanggal 10 nopember kemarin.

Hal ini menarik, karena ternyata mang juga baru tahu sekarang, kalo kita bisa melakukan posting blog kita secara langsung otomatis sesuai jadwal yang kita buat sebelumnya.

Jadi singkatnya begini……

Kalo kita punya sesuatu yang ingin kita postingkan pada blog kita, dan kita takut tidak punya waktu untuk melakukannya, maka kita bisa setting posting tersebut sesuai waktu yang kita inginkan.

Bila nanti waktunya tiba, maka wordpress ini akan secara otomatis mempostingkannya, tanpa campur tangan dari kita pada saat posting tersebut di publish.

Nah…menurut mang hal ini sangat mengasyikan, dan seru. Karena dengan demikian, kita bisa membuat posting blog kita menjadi update setiap hari.

Sekarang mang sedang mencari bahan untuk posting, karena mang akan mencobanya melakukan posting otomatis ini dalam 6 hari kedepan dan setiap harinya akan publish 3 posting baru. Semuanya dijalankan secara otomatis sesuai tanggal dan jam yang telah di setting sebelumnya.

Tulisan mang sebelum ini, dilakukan secara otomatis. Mang membuatnya kemarin sore dan mang set agar publish pada hari ini sekitar jam 8 pagi.

Inilah kehebatannya kalo kita ngeblog di wordpress, mang ga tau kalo ditempat yang lain apa ada juga fasilitas seperti itu. Semoga saja ditempat lainnya juga ada yang lebih canggih lagi.

Setting Posting Otomatis

Ok, sekarang mang coba kasih tau bagaimana caranya kita melakukan posting secara otomatis sesuai waktu dan hari yang kita inginkan agar posting tersebut publish dengan sendirinya.

Pertama untuk melakukan hal tersebut, seperti biasa anda harus membuka dashboard anda pada wordpress. Mang hanya mengingatkan saja, bahwa dashboard pada wordpress adalah ibarat dapurnya blog kita. Jadi disinilah semuanya kita kelola, kita atur dan dari sini juga tempat kita melakukan posting blog kita.

Setelah anda masuk ke halaman dashboard anda di wordpress, maka sekarang anda pilih menu Tulis atau Write atau juga New Post.

Sebelum mensetting menjadi otomatis, maka sebaiknya anda tuliskan dulu yang akan anda postingkan pada blog anda. Lakukan seperti biasa, tulisan posting anda, beri judul untuk posting anda, masukan kategori post, buat tag posting.

Pokoknya lakukan seperti biasa anda akan posting blog anda.

Bila telah selesai, sebelum anda memilih Save untuk hasil posting anda, maka anda perhatikan di sebelah kanan atas pada panel admin anda, perhatikan gambar di bawah ini ;

status-terbit
Disana tertulis Status Terbit, dibawahnya ada pilihan telah diterbitkan, belum terbit, dan menunggu evaluasi. Dibawahnya lagi ada pilihan Buat tulisan ini privat dan Terbitkan segera sunting

Nah, yang harus anda pilih adalah sunting pada kata-kata Terbitkan segera. Bila sunting yang anda pilih, maka nantinya akan muncul angka-angka dalam kolom yang menyatakan tanggal, bulan, tahun serta jam atau waktu yang dapat kita setting ulang.

Nah, disinilah anda melakukan itu semua. Anda setting kapan posting tersebut akan publish. Anda tinggal masukan tanggal, bulan, tahun serta jam agar posting tersebut bisa berjalan secara otomatis.

Kalo ini semua suda anda pilih, dan anda anggap sudah sesuai dengan keinginan anda, maka sekarang tinggal anda pilih Save dan tidak lupa terakhir anda milih terbitkan atau publish di samping tab tadi untuk seluruh hasil posting anda tadi.

Sampai disini, proses posting otomatis sudah selesai. Dan untuk melihat hasil kerja anda apakah sudah tersimpan dengan baik di panel admin anda, maka anda dapat melihatnya di menu dashboard anda.

Cari kata-kata scheduled posts, ini membuktikan bahwa wordpress anda mempunyai jadwal untuk posting blog, sesuai dengan waktu yang telah anda setting tadi.

Namun demikian, untuk agar semua ini berjalan sesuai dengan keinginan anda, maka terlebih dahulu anda harus melakukan setting penggunaan zona waktu pada panel penataan di dasbor anda.

Ini penting, karena menyangkut kepada waktu yang sesuai dengan kondisi anda saat ini. Untuk yang satu ini, sayangnya dari wordpress belum dapat melakukan secara otomatis, jadi anda harus setting sendiri dan mencari zona waktu yang cocok untuk kondisi di Indonesia ini.

Kemungkinan hasil posting anda akan terlambat dari jadwal yang telah anda buat tadi. Ini semua karena dari wordpress masih belum melakukan setting zona waktu secara otomatis.

Tapi kalo menurut mang ini tidak masalah. Yang penting sekarang anda sudah bisa melakukan posting blog anda secara otomatis, dan blog anda akan selalu update setiap harinya.

Posting mengasyikan

Jadi sekarang setelah anda mengenal cara melakukan posting blog anda secara otomatis, kegiatan rutin anda dalam posting blog lebih mengasyikan, dan anda bisa bebas melakukan aktifitas lainnya tanpa perlu kuatir ketinggalan update blog anda.

Sebetulnya posting otomatis ini lebih difungsikan untuk mengantisipasi kalo-kalo kita sedang dalam kondisi yang super sibuk dengan pekerjaan di kantor, atau karena ada acara yang mendadak yang perlu perhatian serius dari kita, tapi juga kita tidak ingin ketinggalan untuk update blog kita.

Dengan cara seperti ini, maka kita hanya tinggal membuat posting sebanyak mungkin, simpan semuanya pada panel admin kita dan biarkan wordpress yang bekerja untuk mempublishkan posting kita.

Jadi pada saat kita online dan membuka blog kita, paling kita hanya menjawab setiap komentar yang masuk, atau melalukan sedikit perubahan pada setting blog kita.

Tergantung anda

Tapi sekali lagi, ini semua hanya tinggal tergantung anda yang melakukan posting blog anda. Kalo menurut anda apa yang telah biasa anda lakukan saat ini adalah lebih menyenangkan dan cocok untuk anda, maka tetaplah seperti itu.

Tetapi bila anda ingin sesuatu yang baru sehingga kegiatan posting anda menjadi lebih menyenangkan dan membuat anda jadi tambah semangat untuk ngeblog, maka ana bisa melakukan cara posting secara otomatis ini.

Jadi semua ini tergantung anda, anda yang akan melakukan posting blog anda, buatlah agar kegiatan posting blog ini menjadi menyenangkan sekaligus menghibur anda.

Dan tidak lupa lakukan semua ini dengan penuh perasaan dan rasa cinta anda terhadap blog anda.

Selamat posting, sukses terus buat anda, jangan pernah berhenti untuk posting……………

Iklan
Posted in: Blog