TIPS PRAKTIS MENULIS BLOG

Posted on November 8, 2008

1


Mungkin sudah banyak yang membahas posting soal menulis blog, tapi masih saja ada yang belum paham sepenuhnya bagaimana cara memulai untuk menulis pada blog kita.

Karena itu posting kali ini ngebahas soal cara yang efektif untuk menulis blog, sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja, tidak peduli apakah itu blogger lama atau baru

Hal ini harus kita maklumi karena, memang masih banyak blogger ataupun blog yang kurang dapat dipahami fungsi-fungsinya oleh si pemilik blog tersebut.

Baik, seperti yang sudah pernah mang sampaikan, bahwa untuk memulai menulis blog, lakukankan apa yang ada dibenak anda saat ini untuk kemudian anda curahkan pada media untuk menulis seperti pada word di komputer.

Tulislah apa adanya sesuai gaya bahasa anda sendiri, jangan terlalu kaku tapi juga jangan terlalu ngaco tidak beraturan.

Setelah anda menulis semuanya pada word, lengkap juga dengan judul postingnya, dan kalo perlu di akhir tulisan anda cantumkan juga kategori tulisan tersebut yang dipisahkan dengan tanda koma.

Bila ini semua telah selesai, maka simpan tulisan anda tersebut pada komputer. Hal ini berguna untuk mengingatkan anda tentang posting apa saya yang sudah anda lakukan selama ini.

Nah…sekarang baru anda lakukan koneksi internet dan buka blog anda langsung masuk ke panel dasboard atau admin blog anda.

Kemudian buka menu untuk memulai posting atau new post, pada halaman yang terbuka tadi, lakukan paste hasil tulisan anda yang telah anda buat sebelumnya pada media word, sebelum anda koneksi dengan internet.

Tetapi sebelumnya pastikan anda melakukan sellect all pada word anda, lalu klik kanan dan pilih copy dari layar monitor anda.

Setelah anda paste pada halaman new post tadi, maka sekarang tinggal anda lakukan beberapa penyesuaian sedikit, seperti perataan, alinea, dan jangan lupa juga untuk memberikan judul untuk posting anda tersebut.

Anda sudah tidak harus repot-repot menuliskan judul posting anda, tapi anda hanya tinggal sorot judul yang ada, lalu pilih cut, dan arahkan cursor pada kolom judul posting, lalu pilih paste, maka judul posting blog anda akan langsung nampak disini.

Jangan lupa lakukan hal yang sama untuk pilihan kategori, untuk anda masukan pada kolom kategori tulisan, tinggal anda add saja setelah itu.

Bila semuanya dirasakan sudah cukup, maka sekarang tinggal save hasil posting anda tersebut. Dan setelah save, maka langkah terakhir tinggal mempublishkan posting anda tersebut.

Jrreeenngggggg….beres sudah, anda sekarang sudah posting blog anda, hasil posting akan muncul di halaman utama blog anda.

Dengan cara seperti ini, tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk koneksi internet. Karena semuanya sudah anda persiapkan terlebih dahulu di komputer anda, jadi pada saat anda online, tinggal paste tulisanan anda, lakukan sedikit edit layout, lalu simpan hasil posting anda dan kemudian publish posting, beres, selesai, thats it!

Tapi ini hanyalah salah satu cara saja dalam kita melakukan posting blog kita. Mungkin anda punya cara sendiri yang lebih praktis dan menurut anda itu adalah sesuai dengan diri anda, yah….silahkan saja.

Karena kegiatan posting pada dasarnya haruslah datang dari dalam diri sendiri, jadi kalo menurut anda apa yang anda lakukan selama ini sudah terasa nyaman bagi anda, kenapa tidak anda lanjutkan saja seperti itu.

Tetapi kalo anda ingin mencoba melakukannya dengan cara yang lain…yah silahkan selama itu tidak mengganggu aktifitas anda sehari-hari.

Yang penting, lakukan posting dengan menyenangkan, buatlah lebih mengasyikkan, jangan memjadi beban, tapi biarkanlah semuanya mengalir apa adanya…..eh..ehhhhhh…kok jadi ngaco begini…….

Maaf, malam ini Ciamis dingin, barusan habis hujan lumayan besar….asyik malam minggu hujan……

Semoga posting kali ini ada manfaatnya, terutama buat anda yang baru mulai ngeblog, atau siapa saja untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Sukses terus untuk anda, tetap semangat, ayo posting blog anda!

Iklan
Ditandai: , ,
Posted in: Blog, menulis