INTERNET MURAH BISAKAH?

Posted on November 8, 2008

0


Harga Premium bulan depan jadi turun, walaupun hanya lima ratus rupiah, tapi itu lumayan kan bisa buat bayar parkir.

Harga SMS mobilephone juga udah semakin murah, bahkan setiap hari kita lihat di iklan televisi selalu ada program baru yang menawarkan sms gratis dan biaya percakapan paling murah.

Lalu bagaimana dengan biaya koneksi internet?

Nah..ini yang mungkin agak terlupakan oleh Pemerintah, atau mungkin juga belum dilaksanakan, karena sesuai kebutuhan yang mendesak saat ini mungkin biaya koneksi Headphone dan biaya sms jauh lebih penting dari biaya koneksi internet.

Mungkin belum saat ini biaya koneksi internet akan diturunkan oleh pemerintah. Ga tau juga sih, karena sepengetahuan mang memang biaya koneksi internet di Indonesia adalah yang paling mahal di kawasan Asia ini.

Kalo dibandingkan dengan harga air mineral kemasan glass masih lebih murah biaya air mineral dibanding biaya internet.

Kalo tidak salah biaya koneksi Speedy yang katanya paling murah itu, adalah sebesar Rp. 25,- permenit. Jadi kalo satu jam sekitar Rp. 1.500,-. Harga ini masih lebih mahal kalo dibandingkan harga Aqua Glass yang hanya Rp. 500 bahkan paling mahal Rp. 1.000 per glassnya.

Belum lagi harga di warnet ada perbedaan yang cukup mencolok. Hal ini karena dengan pertimbangan adanya biaya pemeliharaan, serta adanya keharusan untuk menggunakan software original serta billing yang nilainya bisa mencapai 10juta hanya untuk dua software itu saja.

Belum lagi biaya pengadaan komputer, biaya instalasi jaringan, kelengkapan ruangan, penambahan assessories, printer dan lain-lainnya. Maka total invest untuk satu warnet dengan 10 komputer dan 1 komputer server bisa mencapai 25-35juta lebih.

Sedangkan harga jual warnet paling berkisar antara Rp. 3.000,- sampai Rp. 5.000,- perjamnya. Harga jual ini adalah yang paling minim untuk sebuah warnet, karena kalo kurang dari itu, maka invest tidak akan berjalan tepat waktu dalam breakevent poinnya.

Ini merupakan satu kendala juga bagi pemilik warnet, tapi justru setiap tahun makin banyak warnet yang buka baru.

Kembali ke soal harga internet murah tadi….kalo dilihat secara umum, memang harga internet di Indonesia masih terbilang sangat mahal. Namun untuk membuat harga internet menjadi murah, harus pula didukung oleh berbagai faktor lainnya yang terkait.

Seperti biaya perangkat komputer yang lebih murah, adanya biaya yang terjangkau untuk software original, biaya kelangkapan lainnya yang juga lebih murah, seperti printer, tinta printer, scannner, dan lainnya.

Kalo ini tidak didukung, maka harga jual internet yang harus lebih murah ini, maka akan sulit untuk dilaksanakan.

Mari kita bandingkan dengan cellular, Headphone terbaru dengan model terbaru pula, saat lunching harganya bisa mencapai jutaan rupiah, tapi dalam kurun waktu 6 bulan kedepan, harganya akan semakin turun bahkan bisa hanya satu juta rupiah saja kita sudah dapat Hp dengan kelengkapan camera, memori besar, ada radionya, phonebook cukup besar dan lainnya.

Seharusnya indurti teknologi dalam hal ini perangkat komputer dan sarana pendukungnya harus juga bisa menjadi semakin murah, semakin terjangkau oleh masyarakat, sehingga diharapkan siapapun yang memiliki dana hanya sekitar 1,5juta sudah bisa memiliki komputer terbaru, lengkap dengan assossoriesnya dan koneksi internet yang juga sangat murah.

Jadi kalo kita berbicara soal internet, maka kita berbicara soal teknologi secara umum. Dan ini menyangkut juga kepada kebijakan dari pemerintah itu sendiri.

Pada saat pasar bebas seperti sekarang ini, dimana tingkat persaingan sudah semakin tinggi, maka pemerintah seharusnya juga melakukan berbagai tindakan yang melindungi pelaku usaha di negeri ini, sehingga mereka dapat bersaing dengan pasar internasional dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan produk dan kualitasnya.

Jadi sekali lagi, untuk mewujudkan biaya internet menjadi sangat murah, adalah butuh waktu dan melalui proses yang melibatkan semua pelaku usaha serta praktisi teknologi di negeri ini.

Mari kita tunggu saja apa kebijakan pemerintah yang dapat mendukung terhadap kemajuan teknologi di Indonesia ini, semoga saja ada undang-undangnya yang mengharuskan biaya koneksi internet harus lebih murah dari biaya saat ini yang berlaku.

Berita bagusnya, meskipun biaya internet di Indonesia termasuk paling mahal, tapi blogger di Indonesia termasuk yang paling produktif dan paling kreatif dimata blogger dunia.

Karena itu para pelaku bisnis teknologi didunia, selalu mengadakan riset dan penelitian terhadap suatu produk yang akan dipasarkan kepada para blogger Indonesia.

Karena bila porduk tersebut telah direview oleh blogger Indonesia, dipastikan produk tersebut akan laku dipasaran. Hebat juga yah orang Indonesia teh……………….he…he…he…..

Ayo dukung internet murah di Indonesia, dan jadikan teknologi sebagai kebutuhan keseharian kita bangsa Indonesia.

Iklan
Posted in: Blog, teknologi