SELAMAT JALAN JEMAAH HAJI INDONESIA

Posted on November 3, 2008

0


Para calon jemaah Haji Indonesia dari berbagai daerah, sudah mulai bersiap diri untuk menunaikan ibadah rukun Islam yang kelima ini. Inilah mungkin ibadah yang paling banyak biayanya dalam Islam.

Memang melaksanakan ibadah haji adalah wajib hukumnya bagi yang mampu, serta berkecukupan. Karena untuk dapat melaksanakan ibadah haji, bukan saja mampu dari segi ekonomi, tapi juga adalah faktor kesiapan fisik dan mental yang benar-benar harus prima 100%.

Ibadah haji bukanlah ibadah yang mudah untuk dilaksanakan. Meskipun kita memiliki banyak harta, memiliki kemampuan untuk melaksanakannya, tetapi kalo Allah belum berkehendak untuk kita pergi menunaikan ibadah haji, pastinya tidak akan terlaksana ibadah tersebut.

Inilah bedanya ibadah haji dengan ibadah-ibadah lainnya dalam Islam. Kata pa Kyai, niat saja untuk pergi haji, ternyata tidak cukup, tapi harus ada kemampuan, serta keikhlasan diri untuk melaksanakan ibadah tersebut.

Yah memang untuk melakasanakan ibadah haji kita akan melakukan beberapa ritual yang telah di contohkan oleh Kanjeng Nabi Muhammad SAW, diantaranya adalah Sa’i, Jumrah, dan masih banyak lagi.

Semua itu tidaklah mudah untuk dilaksanakan kalo kita tidak memiliki fisik yang prima, tidak mengetahui cara pelaksanaan dengan baik, maka bisa-bisa ibadah haji kita menjadi tidak sempurna.

Karena itu untuk dapat pergi haji, selain karena memiliki uang yang cukup, masuk dalam daftar keberangkatan calon jemaah haji yang ditetapkan oleh Depag, juga adalah melaksanakan semua rukun-rukun haji dengan benar, sehingga ibadah kita dapat diterima oleh Allah dan kita pulang mendapat gelar haji yang Mambrur dan Mambrurah.

Semoga pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan dengan lancar, aman dan tidak menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan, sehingga seluruh jamaah haji asal Indonesia dapat kembali pulang dalam keadaan selamat, dapat berkumpul kembali bersama keluarga. Amin.

Foto-foto pada saat keberangkatan calon jemaah haji asal Kabupaten Ciamis yang sedang bersiap-siap untuk berkumpul di Islamic Center, yang merupakan kloter pertama. Foto suasana kemacetan di jalan raya Ahmad Yani Ciamis, karena persiapan keberangkatan calon jemaah haji.

DSC00950

DSC00952

DSC00954

DSC00958

DSC00956

Iklan
Posted in: islam