KARAKTERISTIK THEMES

Posted on November 3, 2008

0


Duh…maaf nih telat bikin posting, habis dari tadi sore warung mang Alhamdulillah rame, karena kan hari ini adalah keberangkatan jemaah Haji asal Kabupaten Ciamis kloter pertama, jadi banyak tamu-tamu rombongan yang mengantar calon jemaah haji untuk persiapan keberangkatan nanti malam menuju ke embarkasi Bekasi untuk diterbangkan pada tanggal 4 nopember besok.

Sebenarnya udah ngebet pengen bikin posting masalah themes ini, tapi yah itu tadi karena sibuk jadi baru bisa sekarang, ini juga karena lagi sepi tamu aja, jadi mang sempetin tuk bikin posting ini.

Begini,…berdasarkan pengalaman mang yang udah beberapa kali gonta-ganti themes blog, dan juga berdasarkan pengalaman mang upload themes wordpress yang berbayar, ternyata dari keseluruhan themes yang ada ini mempunyai fungsi dan karakteristik yang ingin ditonjolkan oleh si pembuatnya.

Maksudnya begini, kalo kita mengikuti keinginan kita untuk melengkapi blog kita dengan berbagai asessories, tapi ternyata themes yang kita pasang pada blog kita tidak mendukung tersedia ruang untuk kita tempel assessories, maka hal ini hanya menjadi sebuah angan-angan saja buat kita.

Tidak semua themes baik yang gratisan maupun yang berbayar, bisa kita pasang plugin atau widget tambahan yang ingin kita pasang pada blog kita.

Hal ini karena berdasarkan ide dan kreatif dari si pembuatnya. Dan juga berdasarkan kajian atau penelitian terlebih dahulu sebelum suatu themes tersebut di buat untuk di konsumsi oleh blogger dimanapun.

Coba deh anda pergi ke website yang menyediakan fasilitas untuk download berbagai themes. Semua themes blog itu selalu dipisahkan dengan berbagai kategori yang dibuat, misal themes dengan satu kolom, themes dua kolom, themes tiga kolom, themes widget ready dan masih banyak lagi.

Masing-masing itu mempunyai karakteristik yang berbeda-beda pula. Dimana ada themes yang mempunyai karakteristik untuk bisnis. Themes dengan karakteristik bisnis inipun mempunyai banyak pilihan lainnya.

Seperti themes yang sengaja di buat agar sipemilik merasa bahwa itu adalah sebuah website, sehingga kesan sebagai sebuah blog sedikit terhalang.

Ada juga themes bisnis tapi dapat kita pergunakan seperti kita ngeblog biasa, sehingga kesan yang ditampilkan lebih frendly tapi juga profesional yang mencitrakan dari si pemilik blognya.

Ada juga themes yang betul-betul terkesan sebagai sebuah blog. Sehingga kita bisa pasang berbagai assessories tambahan lainnya. Ini bisa kita lihat, pada panel admin di blog kita, kalo widget yang tersedia disana cukup banyak, itu berarti bahwa themes ini memang di khususkan untuk kita yang selalu ingin tampil meriah, menarik dan penuh warna pada blog kita.

Ada juga themes yang dibuat oleh pembuatnya adalah untuk kalangan blogger muda alias blogger yang baru. Sehingga tampilan blog menjadi unsur penting dalam themes tersebut.

Themes seperti ini biasanya akan tampil penuh warna, dengan desain yang sedikit berbeda dari biasanya, dan isi dari konten justru tidak terlihat sepenuhnya dalam blog kita.

Yang jelas, themes-themes yang ada tersebut, dibuat untuk maksud dan tujuan tertentu dari si pembuatnya. Dengan harapan bahwa nanti si pengguna themes tersebut memiliki keterkaitan dengan blog dan themes yang dipergunakan.

Jadi kalo kita simpulkan secara singkat, bahwa themes-themes yang ada ini mempunyai karakteristik sebagai berikut ;

  • Themes dengan karakteristik bisnis yang profesional
  • Themes dengan karakteristik bisnis tapi lebih menonjolkan citra dari si pemiliknya.
  • Themes dengan karakteristik khusus, seperti themes khusus untuk wanita, maka tampilan yang menonjol adalah citra penuh warna, lebih enak dilihat, tidak terlalu kaku, dan betul-betul mencerminkan bahwa blog tersebut adalah wanita sebagai pemiliknya.
  • Ada juga themes yang memiliki karakteristik sesuai dengan bidang pekerjaan kita, seperti themes untuk para profesional muda, atau themes untuk wanita aktif, dan masih banyak lagi.

Contohnya adalah themes seperti pada blog mang ini, ini baru mang ganti kemarin malam, dan tadi siang mang udah lapor ama kang deny pradana, dan beliau sampai bingung sendiri karena mang udah ganti themes lagi.

Themes baru pada blog mang ini, kalo dilihat sepintas, bener-bener menampilkan citra dari si pemilik blognya. Seperti tulisan Shanny Ratman punya Blog. Disana jelas terlihat sekali tulisan ini muncul dengan ukuran besar, sehinggga siapapun yang mampir kesini betul-betul bisa mengenal siapa pemilik dari blog tersebut.

Kita urutkan dari atas, tagline blog muncul di kolom baris yang paling atas, kalo tagline ini tidak kita buat, maka secara otomatis tagline yang muncul adalah nama pemilik blog tersebut yang bertindak sebagai author.

Nama blog, muncul dengan huruf yang cukup besar dan terkesan menonjol sekali karena juga background dari themes ini adalah berwarna putih.

Halaman blog seolah-olah tampil menggantung antara nama blog dengan hasil posting blog. Juga karena ini diberi sedikit akses berupa garis lurus diantara nama halaman. Untuk halaman blog ini telah menjadi standar tersedia halaman khusus berupa Archives dan RSS Feed. Ini merupakan halaman yang siap pakai oleh kita

Selain itu themes ini, menyembunyikan hasil posting sebelumnya tapi hanya muncul tiga tulisan teratas saja. Untuk dapat melihat seluruh hasil posting blog, maka kita bisa memilih menu hasil posting pada sidebar menu, atau halaman Archives pada kolom halaman.

Kalo halaman archives ini kita klik, maka kita akan melihat halaman baru yang berisi seluruh hasil posting kita pada setiap tahunnya. Yang menarik dari tampilan halaman seperti ini, adalah bahwa konten akan muncul tanpa harus terganggu oleh kolom sidebar yang ada di samping kiri atau kanan halaman utama blog.

Posisi sidebar yang biasa kita lihat ada di samping kiri atau kanan, sekarang letaknya ada di kolom bawah setelah hasil posting blog kita. Yang unik lagi dengan themes seperti ini, adalah bahwa seluruh konten terbagi dalam tiga kolom, demikian juga untuk sidebar akan terpasang pada tiga kolom tersedia, seperti pada blog mang ini.

Tetapi themes blog juga ada unsur negatifnya buat kita. Seperti pada blog mang ini, semua icon subscribe terpasang pada bagian bawah dari halaman utama, sehingga hal ini akan sedikit menghambat dalam proses pelacakan dari subsrciber yang kita pasang.

Pada akhirnya, pilihan themes yang kita pasang pada blog kita, semua ini tergantung dari keinginan kita, ketertarikan kita dan maksud kita membuat blog.

Jadi kalo anda sekarang sudah merasa nyaman dengan themes yang terpasang pada blog anda, maka tetaplah seperti itu, kalopun anda ingin ganti themes sebaiknya anda pelajari dulu themes-themes tersebut, dengan cara klik icon gambar themes yang dimaksud, biasanya langsung ada halaman berlatar hitam dan contoh tampilan blog kita dengan themes tersebut, kalo menurut anda dirasa menarik dan ingin anda pasang pada blog anda, maka anda tinggal klik active this themes for your blog.

Sedikit tips dari mang buat anda yang akan ganti themes, sebaiknya sebelum anda ganti themes blog anda, maka anda lakukan penyimpanan data berbagai widget yang sudah terpasang pada blog lama anda. Hal ini dilakukan untuk memudahkan kita bila kita ganti themes, maka kita tinggal copy paste isi dari widget yang telah terpasang sebelumnya.

Mungkin segini dulu posting mang kali ini, membahas soal themes untuk blog anda, semoga bermanfaat dan jangan pernah berhenti untuk ngeblog.

O ya sekedar mo ingetin aja jangan lupa untuk ikut posting bersama dalam rangka memperingati hari Pahlawan tanggal 10 November nanti.

Sukses terus untuk anda, salam blogger

Iklan
Ditandai: , ,
Posted in: Blog, Themes