TO BE A GOOD WAITER/SS

Posted on Oktober 31, 2008

8


Sekedar untuk mengingatkan aja sewaktu mang kuliah dulu di perhotelan di Bandung. Karena sekarang ini sepertinya sudah cukup banyak rumah makan , restoran bahkan warung yang dalam pelayanannya dilakukan oleh seorang waiter untuk laki-laki dan waiterss untuk wanita.

Ternyata profesi sebagai seorang waiter ini haruslah kita acungi jempol dan respek terhadapnya. Karena untuk menjadi waiter tidaklah mudah, perlu ketrampilan khusus serta harus juga memiliki wawasan yang cukup terhadap bidang yang di kuasainya.

Mang aja butuh waktu tiga tahun untuk belajar menjadi seoarang waiter di restoran-restoran terkemuka, apalagi ternyata profesi ini dimata masyarakat punya nilai tersendiri yang dipandang sebelah mata.

Memang posisi sebagai waiter di sebuah restoran ataupun di hotel adalah merupakan posisi yang paling rendah dengan standar gaji yang paling kecil yang akan didapatnya.

Tetapi posisi waiter ini adalah yang paling banyak dibutuhkan oleh setiap rumah makan dimanapun berada. Karena seorang waiter adalah merupakan ujung tombak dari pelayanan yang diberikan, sekaligus juga menjadi citra tersendiri bagi tempat dimana dia bekerja.

Menjadi seorang waiter, selain harus memiliki wawasan yang cukup dalam bidang pekerjaannya, juga harus memiliki ketrampilan yang memadai, seperti dalam hal penyajian makanan, penataan meja makan, teknik pelayanan, teknik komunikasi dengan tamu, cara menghendel komplin dari tamu dan masih banyak lagi.

Biasanya pada sebuah acara rekrutment calon pegawai untuk posisi waiter pada sebuah restoran, pihak manajemen telah menetapkan batasan yang dapat diterima menjadi waiter di restorannya.

  1. Memilik postur tubuh yang ideal serta berpenampilan yang baik dan rapih
  2. Mahir dalam berbagai bahasa untuk percakapan, terutama bahasa inggeris, atau bahasa lainnya
  3. Mempunyai pengalaman sebagai waiter dan pernah bekerja diberbagai tempat yang berbeda
  4. Menguasai pengetahuan tentang makanan, teknik penyajian serta dapat menerangkan dengan jelas proses pembuatan makanan dan bahan-bahan yang digunakan
  5. Tidak memiliki catatan kriminal serta memiliki kepribadian yang baik tidak hanya kepada atasan, tamu tapi juga kepada sesama rekan sepekerjaan.

Masih banyak lagi hal-hal yang harus dikuasai oleh seorang waiter bila ingin menjadi waiter yang biak dan profesional.

Diluar negeri profesi sebagai seorang waiter mendapat tempat tersendiri di mata masyarakatnya. Mereka menganggap waiter adalah juga pekerjaan yang profesional dan kita harus menghargai mereka sebagai seorang tenaga ahli yang profesional dalam bidangnya.

Tetapi kalo di Indonesia sendiri, profesi seorang waiter masih belum mendapat tempat yang layak di mata masyarakat. Hal ini karena ada sebagian orang yang menjadi waiter tetapi memanfaatkannya untuk keperluan yang negatif.

Seperti waiter perempuan bisa juga kita ajak untuk berkencan, bahkan dibeberapa tempat hiburan malam istilah waiter tidak ubahnya adalah pekerja seks komersial yang siap melayani tamu-tamunya.

Karena itu wajarlah bila profesi waiter ini dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Apalagi hampir kebanyakan waiter bekerja pada malam hari, sehingga hal ini menimbulkan pandangan yang miring terhadap profesi tersebut.

Tapi itu hanya sebagian kecil saja, toh masih banyak juga para waiter yang bekerja memang dengan cara yang benar dan profesional. Ada juga waiter karena ketekunan dalam bekerja, pada akhirnya dia bisa juga mencapai posisi sebagai seorang supervisor bahkan manajer restoran.

Jadi, bekerja sebagai waiter itu bukanlah sesuatu yang negatif, justru hal ini tergantung dari bagaimana kita menekuni pekerjaan kita dan menjalaninya dengan niat yang baik dan semata-mata untuk mencari rejeki yang allah berikan kepada kita semua.

Kita sebagai masyarakatpun sudah saatnya perlu menghargai profesi seorang waiter, apapun tempat mereka bekerja. Karena untuk menjadi waiter bukanlah hal yang mudah, perlu keahlian khusus serta mahir dalam bidang pekerjaannya.

Kepada para waiter dimanapun berada, tetaplah semangat dalam bekerja, tekuni bidang pekerjaan anda, jangan pernah mengeluh jadilah seorang waiter yang handal dan profesional, suatu saat anda akan mencapai puncak karier anda sebagai seorang restoran manajer yang membawahi beberapa waiter seperti anda.

Iklan
Posted in: Tak Berkategori