HARI BLOGGER NASIONAL

Posted on Oktober 27, 2008

0


Tadi pagi pas lihat siaran televisi swasta nasional TVone, kebetulan topik yang dibahas adalah masalah Blogger dan Hari blogger Nasional. Sebagai nara sumber adalah mas Enda Nasution, Anggelina Sondakh dan staf Menkominfo.

Cukup menarik juga dan baru nyadar kalo hari ini adalah hari Blogger Nasional dengan thema Blog for sociaty dari PESTA BLOGGER 2008 . Wah ternyata seru juga dan mang jadi tahu kalo memang ngeblog itu saat ini menjadi fenomena tersendiri bagi rakyat indonesia

Hari ini tepat tanggal 27 Oktober 2008 adalah hari Blogger Nasional yang sudah ditetapkan oleh para pelaku blogger senior di tanah air ini. Ini menjadi kebanggaan tersendiri buat kita yang ngeblog, karena ada sedikit perhatian dengan menjadikan tanggal 27 Oktober adalah harinya para pelaku blogger di Indonesia.

Dari perbincangan di televisi ini, terbukti sudah bahwa pelaku blogger di Indonesia ada sekitar 300 ribu blogger dan ini akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya pula pengguna internet di Indonesia.

Kalo dibandingkan dengan netter di Indonesia yang ada lebih dari 3 juta netter, komunitas blogger yang hanya 300ribu-an ini, memang masih belum ada apa-apanya.

Tapi ini suatu pertanda bahwa komunitas blogger sudah mulai tumbuh dan perkembangannya patut untuk kita perhatikan dari tahun ke tahun.

Dalam acara televisi tersebut, pihak pemerintah yang diwakili dari menkominfo, menjelaskan tentang sosialisasi undang-undangan telekomunikasi dimana didalamnya juga ada ketentuan atau lebih tepatnya aturan main untuk para blogger di Indonesia.

Jadi untuk menjadi blogger itu ada aturan main yang harus ditaat oleh setiap pelaku blogger di Indonesia.

Kalo disimak dari pembicaraan di televisi ini, aturan untuk para blogger itu lebih kepada etika dalam ngeblog. Etika ngeblog ini mungkin sudah menjadi kebiasaan buat kita yang punya blog, bahwa setiap blog yang ada pasti ada aturan main yang ditetapkan oleh si pemilik blognya.

Aturan-aturan itu, misalnya seperti, tidak membahas blog yang berkaitan dengan unsur SARA, AGAMA, SUKU, atau menjadikan blog sebagai sarana untuk berjudi, menjadi sarana untuk transaksi NARKOBA, tidak membahas yang dapat menyinggung perasaan seseorang, menghina sekelompok atau pribadi seseorang dan tidak melanggar norma-norma pergaulan di masyarakat pada umumnya.

Aturan seperti ini menjadi harus menjadi dasar buat kita yang akan ngeblog, karena pada intinya ngeblog itu adalah media untuk mengepresikan diri, mengungkapan perasaan dan memperkenalkan jati diri kita kepada orang lain sehingga kita dapat di kenal dengan lebih banyak lagi orang di internet.

Hal ini tidak ubahnya seperti dalam pergaulan kita keseharian. Kita dalam bergaul pasti akan membatas diri dengan sesuatu yang tidak sesuai dengan hati nurani kita, maka semua ini berlaku juga dalam ngeblog.

Selain itu dalam perbincangan tersebut, mas Enda Nasution yang merupakan Bapak blogger Indonesia, lebih menekankan kepada keberanian kita untuk berespresi mengungkapan jati diri kita dan berani untuk menulis sesuatu yang bermanfaat buat orang lain.

Mas Enda lebih menekankan kepada khususnya para blogger pemula seperti kita-kita ini, untuk berani menulis di blog, karena menulis di blog pada dasarnya sama seperti kita menulis untuk media cetak. Jadi apakah tulisan kita yang ada di blog ini bisa menjadi bahan pembicaraan orang atau mungkin saja apa yang kita ungkapan ini bisa menjadi sumber inspirasi buat orang lain.

Sekali lagi mas Enda lebih menekan kepada kita semua untuk berani menulis dan mengungkapan jati diri kita, setelah kita cukup punya keberanian untuk menulis, maka dengan sendirinya aturan main itu akan bisa kita terapkan pada blog yang kita punya.

Sedangkan mbak Anggelina Sondakh , yang merupakan blogger juga lebih menekankan kepada content dari blog yang kita punya. Content yang kita publish ini harus bisa dipertanggungjawabkan oleh si pelaku bloggernya, sehingga isi yang disampaikan betul-betul menjadi sesuatu yang berguna untuk semua orang.

Kita jangan hanya mempublish posting blog kita dengan isi-isi yang tidak berguna, yang justru hal ini akan membuat blog kita menjadi negatif dari para pelaku blogger.

Lewat ngeblog kita juga bisa ikut membangun bangsa, dengan memberikan kontribusi yang berarti terhadap perkembangan situasi yang terjadi saat ini baik di negeri sendiri atau mungkin saja di lingkungan sekitar kita. Ini semua bisa menjadi arana yang efektif untuk turut membuat blog tersebut menjadi lebih proaktif terhadap perkembangan jaman.

Secara umum, dapat di simpulkan bahwa ngeblog atau blogger di Indonesia itu merupakan fenomena tersendiri yang patut diperhatikan perkembangannya baik oleh pemerintah dan blogger itu sendiri.

Pada akhirnya aturan yang ditetapkan, kembali lagi kepada bloggernya, untuk dapat mengimplementasikan aturan tersebut sehingga dengan sendirinya komunitas ini bisa menjadi tambah besar dan dapat membuat kontribusi untuk negara dan bangsa.

Nah, dari hasil perbincangan di televisi ini, sedikit banyak membawa pengaruh yang positif khususnya bagi mang sendiri yang saat ini sudah mengelola dua blog.

Sekarang kita jadi lebih mengenal bahwa menjadi blogger bukanlah sesuatu yang negatif, tetapi bisa menjadikan sarana sebuah expresi diri terhadap apa yang ingin kita sampaikan pada blog kita.

Dan sesuai dengan tagline dari blog mang ini, yaitu MENJALIN SILATURAHMI, maka lewat blog inipulah mang ingin mengajak kepada siapa saja yang sudah punya blog ataupun yang baru punya blog mari kita bangun komunitas blogger di Indonesia ini menjadi sesuatu yang lebih positif dan bermanfaat buat semua orang bukan hanya bagi pelaku blogger saja tapi juga bagi setiap orang di lingkungan kita masing-masing.

Selamat Hari Blogger Nasional, lewat blog kita bangun segi positif dalam menghadapi perkembangan teknologi serta menjadikan blog kita sebagai sarana untuk memperkenalkan kepada orang lain siapa kita sebenarnya.

Untuk para blogger pemula yang baru memulai ngeblog, jangan takut untuk mengepsresikan diri anda, jadilah diri anda sendiri lewat posting blog anda.

Untuk para blogger senior atau yang sudah cukup lama ngeblog, mari kita bantu para blogger pemula untuk mengenalkan blogger menjadi lebih baik lagi, sesuai dengan aturan dan etika dalam ngeblog, sehingga komunitas ini setiap tahun akan terus bertambah dan semakin besar.

Sukses terus untuk anda, tetap semangat and HAPPY ANNIVERSARY INDONESIAN BLOGGER.

Berikut ini petikan siaran perss pesta blogger 2008, silahkan lihat disini

Iklan
Posted in: Blog, menulis