WALIMATULSAAFAR

Posted on Oktober 23, 2008

0


Selamat pagi Ciamis, Selamat pagi Indonesia dan selamat pagi dunia……….

Kali ini mang mo menyampaikan sebuah tradisi yang mungkin sekarang ini sedang banyak dilaksanakan oleh setiap muslim di Indonesia terutama yang akan melaksanakan ibadah Haji Ke Tanah Suci.

Bagi Bapak atau Ibu serta rekan-rekan yang saat ini memiliki rezeki berlebih dan diberikan kesempatan untuk menunaikan ibadah Haji, mang ucapkan selamat, semoga selamat dalam perjalanan dan pulang mendapat gelar Haji yang Mabrur dan Mabruhah. Amin

Ada satu kebiasaan yang mungkin bukan untuk bermaksud menyombongkan diri, adalah mereka yang akan berangkat Haji, selalu mengadakan acara syukuran, dengan mengundang keluarga, kerabat, tetangga, sahabat bahkan juga relasi di kantor kita, sebagai wujud rasa syukur karena telah bisa melaksanakan rukun ilsam yang kelima dan ingin agar kegembiraan ini dapat dirasakan juga kepada semuanya melalui acara syukuran tersebut.

Acara syukuran ini biasa di daeraha disebut dengan WALIMATULSAAFHAR.

DSC00902

Mang ga tahu apa artinya kalo di terjemahkan dalam bahasa Indonesia. Punten bukan apa-apa ini hanya karena kebiasaan aja sehingga kita menyebutkan dengan istilah tersebut.

Tapi intinya dari acara ini adalah ungkapan rasa syukur dari yang akan berangkat haji kepada semua kerabat dan keluarga serta ingin berbagi kepada kegembiraan tersebut agar semua mendapat Rahmat dan Berkah dari Allah SWT.

Katanya, kalo kita mendoakan orang yang akan berangkat haji, maka Insya Allah kita juga akan bisa melaksanakan ibadah tersebut.

DSC00904

Sebagaimana kita ketahui, bahwa ibadah Haji termasuk dalam Rukun Islam yang kelima. Adalah wajib hukumnya bagi kita yang mampun untuk melaksanakan ibadah haji ini, sebagai syarat kesempurnaan kita sebagai umat Islam.

Tetapi ternyata, tidak semua orang dapat melaksanakan ibadah tersebut. Tidak semua orang mampu untuk pergi ke Tanah Suci. Bukan karena tidak ada niat, tapi mungkin memang belum mendapat Ridhlo dari Allah SWT, atau memang belum ada keinginan untuk kita pergi ke Tanah Suci.

Memang seperti yang disampaikan oleh Pa Kyai dalam acara syukuran WalimatulSaafar tersebut, dikatakan bahwa ibadah haji adalah merupakan ibadah yang paling sulit dan paling berat kita jalani, selain ibadah-ibadah lainnya.

DSC00906

Shalat, itu sudah menjadi kebiasaan kita setiap hari, sangat mudah melaksanakan shalat, paling kita hanya butuh waktu sekitar 5 menit untuk melaksanakannya.

Zakat, itu juga tidak terlalu sulit, karena besarnya zakat tidak sebanding dengan apa yang telah kita dapatkan dari usaha kita sendiri. Anggap harga besar yang paling mahal seharga 5 ribu perkilo, dan untuk zakat kita cukup mengeluarkan seharga Rp. 12.500 saja. Jadi ini sangat kecil sekalikan?

Puasa, adalah ibadah wajib yang setiap tahun selalu kita lakukan, ada kerinduan untuk menunaikn ibadah ini, karena siapa tahu puasa tahun ini adalah puasa terakhir yang kita laksanakan. menjalankan ibadah puasa tidak terlalu berat dan tidak perlu modal yang besar.

Sahadat, adalah wajib hukumnya di ucapkan oleh kita yang mengaku sebagai orang muslim, karena dengan sahadat ini maka kita mengakui bahwa hanya Allah SWT Tuhan yang wajib kita sembah dan Nabi Muhammad SAW adalah utusannya. Sahadat tidak membutuhkan modal, hanya ucapan saja.

Tapi lain halnya dengan ibadah haji. Untuk dapat melaksanakan ibadah haji, maka kita memerlukan berbagai persiapan yang cukup lama dan panjang. Selain kesiapan pisik, juga memerlukan kesiapan mental dan terlebih lagi memerlukan dana yang cukup besar hanya untuk sekali menunaikan ibadah haji.

Biaya haji perorang untuk tahun ini adalah sekitar 32 juta, kalo yang plus pasti lebih mahal lagi. Tidak cukup itu saja, tapi juga kita harus mempersiapkan mental kita serta pisik kita agar dalam pelaksanakan ibadah haji nanti dapat berjalan dengan aman dan selamat serta dapat berkumpul kembali bersama keluarga tercinta.

Ini semua membutuhkan dana yang besar, ini semua membutuhkan persiapan yang matang, dan kalo kata pa Kyai semua itu hanya datang karena adanya Niat kita untuk menunaikan ibadah haji.

Insya Allah hanya dengan niat dan Ikhlas maka kita bisa melaksanakan ibadah haji. Yang jadi pertanyaan adalah, apakah kita punya cukup kuat niat untuk menunaikan ibadah haji?

Atau kita masih terlena dengan keindahan dunia yang selalu kita kejar untuk meraih semuanya? Apakah kita masih terlena dengan mimpi kita untuk meraih kesuksesan di dunia, dengan memiliki banyak harta, usaha yang sukses dan lain sebagainya.

Semuanya kembali lagi kepada diri kita sendiri, apakah kita memang ingin meyempurnakan keislaman kita dengan menunaikan ibadah haji? Atau kita merasa cukup hanya dengan apa yang telah kita capai saat ini saja.

Kalo kata pa Kyai dalam bahasa sundanya Mangpang Meumpeung. Artinya mumpung ada kesempatan, mumpung kita masih sehat, mumpung kita ada rezeki berlebih maka segeralah kita berangkat ibadah haji.

DSC00903

Jadi buat anda yang saat ini memiliki rezeki berlebih, kenapa tidak untuk segera berangkat ke tanah Suci menunaikan ibadah haji. Selagi anda sehat, selagi kita masih bisa berkumpul bersama keluarga, maka segeralah pergi ibadah haji, jangan ditunda lagi.

Masalah lainnya, soal kita belum hafal Al-Quran, belum bisa baca Al-Quran, belum mengerti tatacara ibadah haji dan lainnya, itu kita kesampingkan dulu, yang penting segera berangkat haji, nanti juga kita disana akan paham dengan sendirinya.

Yah anggap saja Anda ngeblog seperti ini, awalnya kan anda juga tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan blog anda, tapi seiring dengan waktu dan makin luasnya relasi anda, maka anda akan mulai mengenal bagaimana ngeblog itu.

Semoga tahun ini pelaksanaan ibadah haji dari Indonesia berjalan dengan lancar, tidak menimbulkan masalah yang berakibat fatal bagi seluruh rombongan haji.

Dan bagi yang berangkat haji, semoga anda berangkat haji dengan penuh keihlasan hati, menjalankan ibadah dengan penuh ketaqwaan kepada Allah dan semua ini hanya karena ingin mendapatk ridhlo dari Allah SWT. Amin.

Semoga anda kembali dengan selamat berkumpul kembali bersama keluarga dan mendapat gelar haji yang Mabrur dan Mabruroh. Amin.

Iklan
Posted in: islam